Pages

Tuesday, May 19, 2015

Perencanaan Pegas Daun (Leaf Spring)




     Sistem suspensi adalah mekanisme yang diterapkan diantara body atau rangka dengan roda-roda yang berfungsi menahan getaran atau kejutan-kejutan yang ditimbulkan oleh keadaan jalan untuk memberikan kenikmatan.
   Pada sebuah kendaraan , rangka dipasangkan pada roda-roda, misalnya pada sepeda. Jika sepeda dikendarai melalui jalan yang tidak rata, benturan jalan akan diteruskan langsung ke rangka. Benturan yang sama pula dirasakan pengendara berupa getaran-geteran yang tidak menyenangkan. Hal yang sama akan terjadi pada mobil. Bila tidak dilengkapi suspensi maka kenikmatan dalam mengendarai mobil akan berkurang dan juga akan merusak muatan dan body mobil.
      Dan Pegas itu apa sih?? Pada sistem suspensi, pegas berperan sekaligus sebagai penahan kejutan-kejutan dari jalan dan mencegah kejutan langsung mengenai kendaraan.
       Elastisitas dari bodi sangat diperlukan untuk menjaga keutuhan suatu konstrusi bodi yang tahan terhadap deformasi elastis. Untuk itu dibutuhkan suatu elemen yang dapat meredam kejutan.
        Pegas mempunyai sifat elastis untuk menahan kejutan-kejutan. Model pegas yang digunakan adalah pegas daun (leaf spring) yang terdiri dari beberapa lembar yang diikatkan menjadi satu, pegas coil dan batang torsi menggunakan baja yang elastis.


Macam-macam Pegas 

1. Pegas Coil (coil spring)
      Pegas coil terbuat dari batang baja dalam bentuk coil. Dibandingkan pegas daun (leaf spring), pegas coil lebih panjang dan mempunyai pengaruh tahanan yang lebih baik terhadap kejutan dan tidak terdapat gesekan-gesekan bila terjadi defleksi.

2. Pegas Batang Torsi (Torsi Bar Spring)
          Pada batang torsi, digunakan pegas baja yang elastis. Bila salah satu ujung pegas dikaitkan dengan keras dan batang ujung lainnya dipasangkan pada arm ini bergerak keatas dan kebawah. Maka batang cenderung menahan gerakan-gerakan yang dihasilkan oleh penyerapan yang sama.

3. Pegas Berlubang (Hallow Spring)
          Hallow spring adalah potongan karet yang dibuat pada bagian atas poros kontrol arm, atau bagian atas rangka. Dengan demikian hallows spring bertumbukkan bila roda mendapat kejutan yang berlebihan dan terjadinya defleksi yang lebih fatal.

4. Sistem suspensi udara (Air Suspension)
                Pada suspensi udara, ballow berisikan udara dipasangkan pada tempat pegas-pegas daun dan coil untuk menjamin kendaraan. Bekerjanya pegas ini disebabkan terjadinya kompresi elastis udara di dalam ballow-ballow dan ruang udara. Kelmbutan pegas dapat diperoleh pada supensi udara yang dapat berubah-ubah dengan adanya yang demikian. Salah satu dari efeknya adalah tidak banyak berbeda antara kendaraan dengan beban berat atau dengan beban

5. Pegas Daun (Leaf Spring)
      Pegas daun (dikenal sebagai pegas datar), terbuat dari plat datar. Kegunaan pegas daun lebih dari pegas spiral adalah bahwa ujung akhirnya tersusun sepanjang kait jalur kecil sebagai lendutan aksi yang merupakan bagian susunan tambahan untuk menyerap energi yang dimaksud. Demikianlah, pegas daun memuat beban yang bercabang, rem torsi/puntir, torsi pengentali, dan lain-lain dengan tambahan beban kerucut.

Di sini akan menghitung perencanaan pegas daun pada kendaraan “Truck Diesel 120 ps bagian depan” mengambil langkah-langkah :
1. Menghitung berat masing-masing roda
2. Defleksi pegas
3. Tebal dan lebar pegas
4. Panjang pegas 
 
Silahkan di Download semoga membantu.

1 comment:

  1. Permisi gan bisa di upload ulang documentnnya soalnya file not found

    ReplyDelete

 

Blogger news

Blogroll

About